JENIS BERAGAM TANAMAN HIAS

Macam Macam Tanaman Budidaya Tanaman Hias

 
Para penggemar tanaman hias mungkin belum tahu mengenai macam-macam tanaman hias. Tanaman hias yang sering dibudidayakan di pekarangan rumah sangat beragam. Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman hias dibedakan menjadi tiga, yaitu tanaman hias biasa, tanaman hias gantung, dan tanaman hias air. Adapun tanaman hias berdasarkan morfologi tanamannya dibedakan menjadi lima, yaitu tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman hias akar, batang, dan tanaman hias buah. Tanaman hias ini juga dapat diperuntukkan menghias luar ruangan atau dalam ruangan.

Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memanfaatkan struktur bunga sebagai hiasan untuk dinikmati. Hiasan bunga yang dijadikan patokan keindahan bunga adalah mahkota bunga. Kelopak bunga dijadikan indikator keindahan karena memiliki rona warna yang beragam dan sangat menarik baik untuk manusia, polinator, maupun hewan lainnya. Tanaman hias bunga yang sering dibudidayakan adalah bunga anggrek, alamanda, aster, asoka, azalea, bakung, begonia, camelia, chicory, cosmos, dahlia, dandelion, daffodil, kertas, kembang sepatu, kamboja, lavender, mawar, matahari, melati, jepun, peony, ponsettia, ranunculus, sedap malam, semanggi, seruni, dan bunga zinnia. Bunga-bunga tersebut merupakan tanaman tropis, sehingga mudah untuk dibudidayakan di Indonesia. Budidaya tanaman tersebut juga terbilang mudah, cukup menyediakan media tanam berupa pot yang memiliki ukuran sebanding dengan tanaman bunga tersebut.

Tanaman hias daun adalah tanaman yang memiliki karakter unik pada struktur daunnya sehingga dijadikan hiasan di dalam maupun di luar rumah. Struktur unik ini bisa berupa warna dan bentuk daun. Tanaman yang memiliki karakter unik pada bagian daun dan sering digunakan sebagai hiasan adalah tanaman aglaonema, keladi, dieffenbachia, kuping gajah, anthurium, gelombang cinta, puring, pucuk merah, suplir, spider plant, tanduk rusa, palem zamia, kadaka, lidah mertua, calathea, alokasia, philodendrons, dracaena lemon lime, walisongo, pisang kipas, sente kipas dan tanaman paku hati. Selain sebagai tanaman hias, tanaman yang telah disebutkan di atas juga memiliki beberapa manfaat, seperti tanaman walisongo yang disinyalir dapat menetralisir asap rokok.

Tanaman hias tidak hanya berpatok pada bunga, daun, maupun batang, buah pun juga bisa dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah kita. Selain bisa dijadikan hiasan, ternyata buahnya memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman buah yang sering dijadikan hiasan di area rumah yaitu jaruk nagami, jeruk keprok madura, buah tin, long mulberry, lemon, strowberry, alpukat mini, nanas merah dan buah naga mini.

Karakter unik setiap buah memiliki nilai jual tersendiri, dengan menanam tanaman hias buah, kita mendapat dua keuntungan, yaitu nilai estetika sebagai hiasan, dan nilai ekonomi apabila buah tersebut dijual.
Karakter unik suatu batang setiap tanaman pasti berbeda-beda. Karakter tersebut dapat berupa bentuk batang, warna, ukuran, maupun karakter lainnya. Karakter batang yang unik ini ternyata dimanfaatkan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Tanaman hias jenis ini biasanya juga diperlengkap dengan gaya bonsai pada daun. Tanaman yang dijadikan hiasan karena keindahan batangya adalah bambu kuning, palem merah, kaktus hias, bambu air, palem segitiga, cemara, dan pohon beringin.

Tidak hanya sebagai hiasan, tanaman hias batang juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna untuk lingkungan sekitarnya. Manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai tanaman tepi (border line) seperti palem, munggur, dan bambu, sebagai penutup kesan kaku pada suatu bangunan seperti cemara, sebagai pembatas antar ruang, dan sebagai peneduh.

Setiap tanaman pasti memiliki akar untuk menopang dan menyerap unsur hara dari dalam tanah. Namun, siapa sangka ternyata organ akar suatu tanaman juga memiliki nilai estetika tersendiri untuk dinikmati. Tanaman-tanaman yang memiliki akar indah dan sering dijadikan hiasan di pekarangan rumah adalah kamboja dan beringin. Kedua tanaman ini sering dijadikan tanaman hias akar karena akar-akar kedua tanaman tersebut mudah untuk dibentuk. Selain sebagai hiasan kedua tanaman ini memiliki daya serap air tinggi sehingga dapat mencegah erosi pada area pekarangan rumah.

Tanaman hias yang telah disebutkan diatas merupakan tanaman hias yang masuk kategori tanaman hias biasa dan beberapa ada yang masuk dalam kategori tanaman hias gantung, seperti tanaman anggrek. Adapun tanaman hias air yang sering digunakan untuk menghias kolam atau akuarium di antaranya yaitu, teratai, hidrilla, bunga lotus, windelov, java moss, monte carlo, Echinodorus sp, Didiplis diandra, dan masih banyak lagi tanaman hias aquascape lainnya. Beberapa tanaman aquascape yang telah disebutkan, dapat menghasilkan bunga sehingga dapat menambah estetika di kolam maupun akuarium.

by: https://blog.agromaret.com/2018/01/macam-macam-tanaman-budidaya-tanaman-hias

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENENTUAN HARGA JUAL TANAMAN HIAS

PEMILIHAN LAHAN TANAMAN HIAS

PERHITUNGAN LABA/RUGI TANAMAN HIAS