JENIS PRODUKSI TANAMAN HIAS

Mengenal produk budidaya tanaman hias

 

Ø Tanaman Hias

   1.    Pengertian Tanaman Hias Tanaman Hias adalah tanaman bunga bungaan yang sengaja ditanam berdasarkan pengelompokan pengelompokan dari bermacam macam jenis tanaman yang berbentuk unik dan khas dan berfungsi sebagai hiasan untuk mempercantik dan memperindah baik didalam maupun diluar ruangan.
   2.    Aneka Jenis Tanaman Hias –
Tanaman Hias Daun
1. Adiantum atau Suplir
2. Aglaonema
3. Asparagus
4. Dieffen Bachia
5. Keladi Red Star
 6. Kuping Gajah
7. Tanduk Menjangan –
 Tanaman Hias Bunga
1. Begonia
2. African Violces
 c. Manfaat Tanaman Hias Bidang :
·        Ekonomi
1. Menyediakan dan mengkreasikan pekerjaan
2. Menghasilkan tanaman hias dan bunga potong
 3. Meningkatkan nilai keindahan/lingkungan melalui garden/ pertamanan
·        Seni Meningkatkan penampilan rumah dan bangunan melalui pertamanan. Meningkatkan penampilan lahan sekaligus memberdayagunakan atau meniadakanlahan terbuka tak berguna. Meningkatkan jumlah areal terbuka hijau
·         Lingkungan Termasuk kesehatan dan kenyamanan, udara bersih, menjaga terjadinya erosi (preven erosion). Menyediakan keteduhan (provides shade, kesuburan hara (nutrition), menhalang air (wind break).
·          Kesehatan
 1. Mengurangi Debu
2. Menghilangkan Kantuk
 3. Menghilangkan Stress
 4. Menyembuhkan Sakit Kepala
5. Meredakan Hidung Mampet
6. Melembabkan Kulit
d.   Ekosistem Tanaman Hias
Ekosistem Budidaya Tanaman Hias Ekosistem merupakan kesatuan komunitas dan lingkungannya yang membentuk suatu hubungan timbal balik diantara komponen- komponennya. Ekosistem tanaman hias adalah : z Air Tanaman yang hidup didaerah air. Seperti : enceng gondok, bunga teratai z Tanah Tanaman yang mampu hidu dilingkungan tanah. Seperti : anthurium, gelombang cinta, mawar, melati, dll. z Hidup di tumbuhan lain (menempel) Tumbuhan yang biasanya hidup di tumbuhan lain terkadang ada yang justru merugikan tumbuhan yang ditempelinya. Seperti : tanduk rusa, simbar agung, simbar menjangan, anggrek bulan, dll.
e.   Standar Produk dan Langkah Keselamatan Kerja - Standar Produk - Langkah Keselamatan Kerja
Standar Produk : Penyimpanan Pengemasan Pengangkutan  Kesehatan dan Keselamatan Kerja K3 adalah ilmu pengetahuan dan penerapan guna mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja. Sasaran dari K3 adalah : 1. Menjamin keselamatan kerja operator dan orang lain. 2. Menjamin penggunaan peralatan aman dioperasikan. 3. Menjamin proses produksi aman dan lancar. Beberapa peralatan yang perlu digunakan dalam budidaya tanaman hias yaitu: Masker Sarung Tangan Helm Sepatu Boots
          f. Tekhnik Pemasaran
1. Lokasi, lokasi, lokasi dan lokasi. Dalam bisnis hal yang terpenting merupakan lokasi dimana pemasaran dari produk dilakukan. Poin ini bukan berarti harus mempunyai poperti pada tempat yang strategis, namun lebih ditekankan pada pelayanan dengan pendekatan ke konsumen. Mengapa faktor ini menjadi terpenting yaitu karena konsumen saat ini lebih pintar dalam melakukan transaksi dan tidak berpatokan mutlak pada harga yang murah, namun faktor waktu, kenyamanan serta gengsi telah menjadi fenomena baru. Namun memang, faktor harga yang murah masih sebagai penentu pasar yang mayoritas.
 2. Harga terjangkau. Saya gunakan kata-kata "terjangkau" bukan "murah" karena setiap pemasaran yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan kelas ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat mayoritasnya adalah kelas bawah maka produk yang ditawarkan tentu saja dengan harga rendah, walaupun margin keuntungan sangat kecil namun faktor pengalinya paling besar sebab masyarakat dimanapun yang terbanyak adalah kalangan ekonomi rendah. Begitu pula sebaliknya, jika lingkungannya merupakan masyarakat ekonomi menengah ke atas, faktor kualitas lebih di utamakan di bandingkan harga produk.
 3. Mampu menjaga kualitas. Faktor ini diperlukan pengalaman bisnis yang matang, karena banyak faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dijual. Mulai dari bahan baku hingga faktor efisiensi menentukan kualitas barang yang ditawarkan. Maka terkadang untuk menjaga kualitas, pengusaha harus mengorbankan keuntungannya untuk menutupi penambahan biaya yang terjadi dalam jangka waktu tertentu, namun secara pendapatan pertahun harus tetap menguntungan, jika diperkirakan merugi, sebaiknya naikan harga produk dengan bijak agar konsumen tidak lari.
4. Mengutamakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat menentukan kelangsungan usaha yang dijalani. Terutama bisnis dalam bidang jasa, faktor ini merupakan hal utama yang dilakukan. Yang terkadang tidak belum di mengerti oleh pelaku usaha yaitu "pelanggan merupakan media iklan yang sangat efektif". Tidak sedikit kesuksesan diraih karena jasa dari pelanggan yang menginformasikan secara sukarela ke orang lain, misalnya Google yang merajai di dunia maya tanpa melakukan iklan secara besar-besaran namun cukup memberikan kepuasan ke pelanggan yang memakai fasilitas pada produk google.
 5. Inovatif. Agar barang yang ditawarkan laku, saat ini inovasi penyajian produk sudah menjadi hal wajib. Dengan dinamisnya cara penyajian produk maka konsumen seolah-olah ditawarkan hal yang baru walaupun sebenarnya produknya sama. Memang untuk menjalankan lima hal tersebut, faktor finansial tetap diperlukan. Namun tidak mutlak! karena strategi pemasaran dengan modal dengkulpun tetap bisa menjual produk.
g. Menetapkan Desain dan Pengamatan Produk Budidaya Tanaman Hias - Desain \ - Budidaya Budidaya tanaman hias dapat dikategorikan menjadi 3 bagian
1. Budidaya tanaman hias untuk penutup tanah yaitu sejenis rumput-rumputan
2. Budidaya tanaman hias untuk semak yang biasanya digunakan untuk border
 3. Budidaya tanaman keras untuk pelindung atau peneduh (1) Rumput-Rumputan Rumput untuk taman sudah banyak yang mengenal, jenisnya antara lain adalah rumput jepang, rumput peking, rumput gajah babat/paitan, rumput gajah mini, embun, rumput kucai (2) Tanaman Semak Tanaman hias yang tingginya kisaran 25cm sampai 50 cm yang berfungsi untuk border, pagar, dll, jenis jenis tanaman ini ada yang berbunga berwarna warni, ada yang tidak berbunga, contoh tanaman hias jenis semak antara lain teh-tehan, widelia, soka, puring. (3) Tanaman Pelindung Tanaman keras untuk pelindung adalah yang dibudidayakan dengan cara menyemai dari biji, dapat dibudidayakan dengan skala banyak, tetapi umurnya lebih lama, bisa sampai tahunan, banyak kota kota dengan daya terik tinggi menggunakan tanaman ini untuk memperindah tata ruangnya, contoh tanaman ini adalah Glodogan tiang pecut, angsana,beringin, bisbul, kiara payung, asem belanda, jati mas dll

Ø Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias - Didalam bidang pertanian, Definisi dari "budidaya" adalah kegiatan yang terencana dalam pemeliharaan sumber daya hayati yang dikerjakan pada suatu areal lahan untuk diambil hasil /manfaat panennya. Kegiatan budidaya dapat pula dianggap sebagai inti dari usaha pertanian. Apabila merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, budidaya adalah "usaha yangg bermanfaat dan memberikan hasil".
Budidaya Tanaman Hias
Usaha budidaya tanaman yang mengandalkan penggunaan tanah maupun media lainnya pada suatu lahan dalam rangka membesarkan/memlihara tanaman dan kemudian memanen hasilnya yang memiliki nilai ekonomi. Bagian ini bisa berupa biji, /bulirbuah, batang, daun, bunga, tunas, maupun semua bagian lain yang yang terdapat pada tumbuhan yang tentunya memiliki nilai ekonomi. Kegiatan/aktivitas budidaya tanaman yang dilakukan dengan menggunakann media tanah pada umumnya dikenal pula sebagai kegiatan bercocok tanam / akkerbouw (bahasa Belanda
Tanaman hias mencakup semua tumbuhan yang sengaja ditanam orang dengan maksud sebagai pelengkap / penambah keindahan sebuah taman dan pekarangan rumah, dapat pula dijadikan sebagai tambahan untuk penghias dekorasi sebuah ruangan, pelengkap busana/riasan, melengkapi upacaradan sebagainya. secara umum, tanaman hias merupakan pengelompokan berdasarkan fungsi dari beberapa jenis tanaman hortikultura. Saat ini didalam budidaya tanaman hias bukan hanya memanfaatkan bagian bunga nya saja, tetapi juga memanfaatkan keindahan yang ditimbulkan dari beberapa bagian tanaman seperti ; buah, batang dan daun.
by: http://disiniblogmaya.blogspot.co.id/2016/09/mengenal-produk-budidaya-tanaman-hias.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENENTUAN HARGA JUAL TANAMAN HIAS

PEMILIHAN LAHAN TANAMAN HIAS

PERHITUNGAN LABA/RUGI TANAMAN HIAS