MELALUI MEDIA SOSIAL (FB, TWITTER, DLL)

Manfaat Media Sosial dan Perannya

dalam Mengembangkan Bisnis


Berapa banyak aplikasi yang telah diinstalasi ke dalam ponsel Anda? Berapa banyakkah akun media sosial yang Anda miliki? Dengan berjamurnya jenis media sosial yang ada, setidaknya seseorang kini telah memiliki lebih dari satu jenis media sosial. Lalu, bagaimanakah manfaat media sosial ini bagi bisnis Anda?
Dengan inovasinya yang terus berkembang, penggunaan media sosial pun kini bukan lagi sebagai ajang untuk ekspresi diri. Bahkan, Anda dapat menemukan manfaat media sosial bagi perkembangan bisnis Anda. Berikut manfaat media sosial dalam mengembangkan bisnis yang perlu Anda ketahui.

  1. Media promosi
Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Baik bagi Anda, para pebisnis maupun bagi pengguna media sosial pada umumnya. Manfaat media sosial yang satu ini memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi bukan berarti Anda terlambat melakukannya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas.
Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan, dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan. Misalnya, Anda dapat memberikan informasi penggunaan produk dan diskon yang sedang diberikan. Anda pun dapat berinteraksi langsung dalam hal ini. Dengan cara promosi yang lebih mudah dan murah, Anda kini dapat mempromosikan bisnis Anda tanpa khawatir dengan batasan seperti jarak, waktu, dan dana yang digunakan.

  1. Melihat selera pasar
Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda lihat.
Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi Anda, para pebisnis. Sebab, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk apa yang akan disukai oleh pelanggan serta bagaimana cara promosi yang disukai oleh pelanggan Anda. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda untuk berinovasi baik dalam strategi dan juga dalam produksi.

  1. Memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan
Bisnis bukan hanya tentang bagaimana sebuah produk baik itu barang maupun jasa jatuh ke tangan konsumen, tetapi juga tentang before dan after sales. Saat-saat inilah yang sebenarnya penting bagi para pelanggan Anda. Nah, dalam hal inilah manfaat media sosial dapat dirasakan oleh seorang pebisnis.
Dengan menciptakan pengalaman yang lebih bagi pelanggan, misalnya dengan berkomunikasi melalui customer service¸ melihat deskripsi barang, mengecek pengiriman, hingga melakukan pemberian rating kepada barang yang telah dibeli.
  1. Kesempatan untuk melihat kompetitor
Melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda, kini dapat dilakukan dengan mudah melalui adanya manfaat media sosial. Hanya perlu melirik sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda. Salah satunya adalah dengan kecepatan penyediaan barang.

Untuk mencapai kecepatan dalam penyediaan barang, Anda pun membutuhkan transaksi yang cepat dan mudah. Kini, kemampuan transaksi dengan cepat untuk bisnis telah tersedia di ujung jari Anda melalui DBS IDEALTM 3.0. Tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan transaksi bisnis, Anda kini telah dapat melakukannya melalui ponsel dan browser. Selain kemudahan dalam bertransaksi, Anda pun dapat mengatur keuangan bisnis dengan baik.

  1. Target penjualan yang jelas
Manfaat media sosial lainnya bagi perkembangan bisnis yakni Anda tidak perlu repot untuk “mengerucutkan” pasar dan mengeluarkan biaya serta usaha untuk menawarkan barang kepada audiens yang tidak cocok dengan produk. Misalnya, Anda akan menawarkan perlengkapan sekolah yang unik. Dengan bantuan media sosial, Anda dapat langsung menawarkan produk perlengkapan sekolah tersebut kepada siswa sekolah dengan bantuan media sosial. Begitu juga dengan pasar lainnya, dengan target penjualan yang pas, Anda pun dapat menghemat biaya untuk memasang iklan dan melakukan promosi, bukan?

by: http://ovaoviana29.blogspot.co.id/2018/05/melalui-media-sosial-bisa-sukses-lo.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENENTUAN HARGA JUAL TANAMAN HIAS

PEMILIHAN LAHAN TANAMAN HIAS

PERHITUNGAN LABA/RUGI TANAMAN HIAS