Manfaat Media Sosial dan Perannya
dalam Mengembangkan Bisnis
Berapa banyak aplikasi yang telah diinstalasi ke dalam ponsel
Anda? Berapa banyakkah akun media sosial yang Anda miliki? Dengan
berjamurnya jenis media sosial yang ada, setidaknya seseorang kini telah
memiliki lebih dari satu jenis media sosial. Lalu, bagaimanakah manfaat
media sosial ini bagi bisnis Anda?
Dengan inovasinya yang terus berkembang, penggunaan media sosial pun
kini bukan lagi sebagai ajang untuk ekspresi diri. Bahkan, Anda dapat
menemukan manfaat media sosial bagi perkembangan bisnis Anda. Berikut
manfaat media sosial dalam mengembangkan bisnis yang perlu Anda ketahui.

- Media promosi
Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Baik bagi
Anda, para pebisnis maupun bagi pengguna media sosial pada umumnya.
Manfaat media sosial yang satu ini memang sudah dilakukan sejak lama,
tetapi bukan berarti Anda terlambat melakukannya. Untuk menerapkan
manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk
mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena
jumlah penggunanya kini semakin meluas.
Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial
meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan,
dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan. Misalnya, Anda
dapat memberikan informasi penggunaan produk dan diskon yang sedang
diberikan. Anda pun dapat berinteraksi langsung dalam hal ini. Dengan
cara promosi yang lebih mudah dan murah, Anda kini dapat mempromosikan
bisnis Anda tanpa khawatir dengan batasan seperti jarak, waktu, dan dana
yang digunakan.

- Melihat selera pasar
Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni
memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang
pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera
mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan
pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda
lihat.
Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi Anda, para
pebisnis. Sebab, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk apa
yang akan disukai oleh pelanggan serta bagaimana cara promosi yang
disukai oleh pelanggan Anda. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda
untuk berinovasi baik dalam strategi dan juga dalam produksi.

- Memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan
Bisnis bukan hanya tentang bagaimana sebuah produk baik itu barang maupun jasa jatuh ke tangan konsumen, tetapi juga tentang
before dan
after sales. Saat-saat
inilah yang sebenarnya penting bagi para pelanggan Anda. Nah, dalam hal
inilah manfaat media sosial dapat dirasakan oleh seorang pebisnis.
Dengan menciptakan pengalaman yang lebih bagi pelanggan, misalnya dengan berkomunikasi melalui
customer service¸ melihat deskripsi barang, mengecek pengiriman, hingga melakukan pemberian
rating kepada barang yang telah dibeli.
- Kesempatan untuk melihat kompetitor
Melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda, kini dapat
dilakukan dengan mudah melalui adanya manfaat media sosial. Hanya perlu
melirik sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan
informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang
dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin
jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan
kompetitor Anda. Salah satunya adalah dengan kecepatan penyediaan
barang.

Untuk mencapai kecepatan dalam penyediaan barang, Anda pun
membutuhkan transaksi yang cepat dan mudah. Kini, kemampuan transaksi
dengan cepat untuk bisnis telah tersedia di ujung jari Anda melalui DBS
IDEAL
TM 3.0. Tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan
transaksi bisnis, Anda kini telah dapat melakukannya melalui ponsel dan
browser. Selain kemudahan dalam bertransaksi, Anda pun dapat mengatur
keuangan bisnis dengan baik.

- Target penjualan yang jelas
Manfaat media sosial lainnya bagi perkembangan bisnis yakni Anda
tidak perlu repot untuk “mengerucutkan” pasar dan mengeluarkan biaya
serta usaha untuk menawarkan barang kepada audiens yang tidak cocok
dengan produk. Misalnya, Anda akan menawarkan perlengkapan sekolah yang
unik. Dengan bantuan media sosial, Anda dapat langsung menawarkan produk
perlengkapan sekolah tersebut kepada siswa sekolah dengan bantuan media
sosial. Begitu juga dengan pasar lainnya, dengan target penjualan yang
pas, Anda pun dapat menghemat biaya untuk memasang iklan dan melakukan
promosi, bukan?
by: http://ovaoviana29.blogspot.co.id/2018/05/melalui-media-sosial-bisa-sukses-lo.html
Komentar
Posting Komentar